Sep 25, 2012

Tips Mengatasi Keringat Berlebih



Apakah Anda sering bermasalah dengan keringat, bro? Keringat yang berlebihan dapat membuat Anda merasa tidak nyaman, kurang percaya diri, bau tak sedap, bahkan membuat malu, apalagi ketika keluarnya pada saat yang tidak tepat, seperti wawancara kerja, meeting dengan boss, kencan dengan gebetan. Oh no! 
 
Biasanya keringat akan mengalir deras di saat cuaca panas atau ketika Anda merasa nervous, harus berbicara di depan banyak orang atau demam panggung. Diperlukan beberapa cara khusus untuk dapat menstop atau setidaknya mengurangi kelebihan keringat tersebut. Berikut tips efektif yang bisa Anda lakukan:
 
Hindari Makanan Pedas
Beberapa bahan kimia yang terkandung dalam makanan pedas dapat menyebabkan suhu tubuh meningkat sehingga otak bereaksi cepat dan mengeluarkan keringat berlebih. Karena itu hindari mengkonsumsi jenis makanan ini, jika tak ingin tubuh berkeringat dan menimbulkan bau tak sedap.
 
Diet yang tepat disertai dengan olahraga
Umumnya mereka yang mengalami obesitas cenderung mudah berkeringat dibandingkan dengan mereka yang kurus atau berberat badan normal. Konsumsi makanan yang berlebih adalah pemicunya. Makanan tersebut sulit dicerna sehingga metabolisme tubuh bekerja lebih keras dan suhu tubuh pun memanas. Mulailah mengganti menu makanan tidak sehat Anda dengan berbagai jenis sayur dan buah-buahan, makanan yang mudah dicerna tubuh.
 
Minuman berenergi dan kopi dapat menyebabkan masalah keringat.
Bahkan kedua jenis minuman ini diyakini dapat mempercepat aliran sistem saraf, yang mempunyai peranan penting dalam meningkatkan suhu tubuh. Oleh karena itu disarankan sebaiknya Anda mengurangi meminum kopi, maksimal 2 kali dalam sehari.
 
Mengkonsumsi anggur adalah metode herbal yang patut dicoba untuk mengurangi produksi keringat. Buah anggur diklaim memiliki kemampuan untuk menjaga suhu tubuh tetap normal. Jus anggur sama baiknya dengan jus tomat yang berfungsi untuk menghilangkan keringat secara alami.
 
Pakai baju terbuat dari bahan non-sintetis.
Bahan kantun atau kaos dapat menjaga sirkulasi udara sehingga tubuh lebih mudah berespirasi. Jenis bahan ini juga dapat menyerap keringat berlebih, sehingga menghindari tubuh dari bau badan.
 
Selamat mencoba, bro!


sumber: http://www.updaterus.com/article/healthandlifestyle/Tips-Mengatasi-Keringat-Berlebihan

Related Posts by Categories

0 komentar: